Dalam kegiatan belajar mengajar peranan motivasi
sangat diperlukan. Motivasi bagi siswa dapat mengembangkan aktifitas dan
inisiatif, dapat mengarahkan akan memelihara ketekunan dalam melakukan kegiatan
belajar. Dalam kaitannya dengan itu perlu diketahui ada beberapa faktor yang
dapat mempengaruhi motivasi belajar, yaitu:
a.
Kematangan
b. Usaha
yang bertujuan
c.
Pengetahuan mengenai hasil dalam motivasi
d.
Partisipasi
e.
Penghargaan dan hukuman30
Berikut ini uraian mengenai
faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar:
a)
Kematangan
Dalam
pemberian motivasi, faktor kematangan fisik, sosial dan psikis haruslah
diperhatikan, karena hal itu dapat mempengaruhi motivasi. Seandainya dalam
pemberian motivasi itu tidak memperhatikan kematangn, maka akan mengakibatkan
frustasi dan mengakibatkan hasil belajar tidak optimal.
b) Usaha
yang bertujuan
Setiap usaha
yang dilakukan mempunyai tujuan yang ingin dicapai. Semakin jelas tujuan yang
ingin dicapai, akan semakin kuat dorongan untuk belajar.
c)
Pengetahuan mengenai hasil dalam motivasi
Dengan
mengetahui hasil belajar, siswa terdorong untuk lebih giat belajar. Apabila
hasil belajar itu mengalami kemajuan, siswa akan berusaha untuk mempertahankan
atau meningkat intensitas belajarnya untuk mendapatkan prestasi yang lebih baik
di kemudian hari. Prestasi yang rendah menjadikan siswa giat belajar guna
memperbaikinya.
d)
Partisipasi
Dalam
kegiatan mengajar perluh diberikan kesempatan pada siswa untuk berpartisipasi
dalam seluruh kegiatan belajar. Dengan demikian kebutuhan siswa akan kasih
sayang dan kebersamaan dapat diketahui, karena siswa merasa dibutuhkan dalam
kegiatan belajar itu.
e)
Penghargaan dengan hukuman
Pemberian
penghargaan itu dapat membangkitkan siswa untuk mempelajari atau mengerjakan
sesuatu. Tujuan pemberian penghargaan berperan untuk membuat pendahuluan saja.
Pengharagaan adalah alat, bukan tujuan. Hendaknya diperhatikan agar penghargaan
ini menjadi tujuan. Tujuan pemberian penghargaan dalam belajar adalah bahwa
setelah seseorang menerima pengharagaan karena telah melakukan kegiatan belajar
yang baik, ia akan melanjutkan kegiatan belajarnya sendiri di luar kelas. Sedangkan
hukuman sebagai reinforcement yang negatif tetapi kalau diberikan secara tepat
dan bijak bisa menjadi alat motivasi. Mengenai ganjaran ini juga dijelaskan
dalam Al-Qur’an surat An-Nisa’ ayat 124 berikut ini :
ومن يعمل من الصالحات من ذكر او انثى وهو مؤمن فأولئك
يدخلون الجنة ولا يظلمون نقيرا
Artinya:
Barang siapa yang mengerjakan amal-amal soleh baik
laki-laki maupun wanita sedang ia seorang yang beriman, maka mereka itu masuk
ke dalam surga dan mereka tidak dianiaya walaupun sedikitpun. (QS. An-Nisa’ :
124)31
30 Mulyadi. Psikologi Pendidikan. Biro Ilmiah Fakultas
Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Malang, 1991. hlm: 92-93
http://makalah.blogspot.com/2011/10/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html