Halaman

murniart.blogspot.com meleyani berbagai kerajinan krey dengan bahan baku bambu, kayu dan rotan Juga melayani karpet dan lain sebagainya segera hubungi murni art shop

Mempelajari Al Qur’an


A.    Hadits Mempelajari Al Qur’an
يَدْرُسُ اْلاِسْلاَمُ كَمَا يَدْرُسُ وَشْيُ الثَّوْبِ، حَتىَّ لاَيُدْرَى مَاصِيَامٌ وَلاَ صَلاَةٌ وَلاَ نُسْكٌ وَلاَصَدَقَةٌ، وَلَيُسْرَى عَلَى كِتَابِ اللهِ عَزَّوَجَلَّ فىِ لَيْلَةٍ فَلاَ يَبْقَى فىِ اْلاَرْضِ مِنْهُ اَ يَةِ وَ يَبْقَى طَوَائِفُ مِنَ النَّاسِ: اَلشَّيْخُ الْكَبِيْرُ وَالْعَجُوْزُ، يَقُوْلٌوْنَ: اَدْرَكْنَااَبَاءَنَا عَلىَ هَذِهِ الْكَلِمَةِ: لاَاِلهَ اِلاَّ اللهُ فَنَحْنُ نَقُوْلُهَا
“Kelak Islam akan mengalami kelunturan seperti lunturnya batik baju, sehingga tidak diketahui lagi apa itu shalat, puasa, ibadah, dan sedekah. Dan Al qur’an sunggguh akan dibawa pergi, sehingga tak ada satupun ayat yang tersisa di muka bumi ini. Golongan manusia yang tersisa adalah Kakek dan Nenek. Mereka berkata: “Kami mendapatkan kalimat seperti ini dari nenek moyang kami: La Illaha Illallah. Oleh karena itu  kami mengucapkannya.”
B.     Pesan Hadits
1.      Pada saatnya nanti Islam hanya sebutan saja.
2.      Islam hanya menjadi agama nenek moyang tanpa mengetahui hakekat Islam sesungguhnya.
3.      Kalimah “La ilaha illallah” hanya ucapan yang diwariskan oleh nenek moyang.
4.      Hilangnya hakekat Islam menjadi pertanda datangnya hari kiamat.

C.    Analisa Isi
Hadits ini memyuat kisah yang amat mendebarkan, yaitu terhapusnya pengaruh Islam pada suatu saat. Juga berisi tentang dihapuskannya Al qur’an sehingga tak satu ayatpun tersisa. Hal itu terjadi tentunya setelah Islam mampu menguasai roda kehidupan dunia, dan hanya agama itulah yang tertinggi.
            Sungguh Al qur’an di akhir jaman akan dihapus untuk memberi peringatan bahwa hari kiamat telah dekat. Karena kerusakan moral telah merajalela. Manusia tidak lagi mengetahui Islam sedikitpun bahkan tauhidnya juga tidak mereka ketahui.
            Hadits itu juga memberi isyarat keagungan Al qur’an, yang keberadaanya diantara kaum muslimin menjadi faktor utama tegak dan langgengnya agama mereka.hal itu senantiasa terpelihara dengan catatan senantiasa dipelajari, direnungkan dan difahami secara mendalam. Karena itulah Allah swt, menjanjikan kelangsungan Al qur’an pada saat di mana Allah swt menetapkan adanya penghapusan itu.

D.    Korelasi Dengan Pendidikan
Dengan hadits tersebut di atas dapat kita tarik benang merah bahwa mempelajari Al qur’an merupakan kewajiban bagi seorang muslim. Karena Al qur’an adalah satu-satunya petunjuk yang sebenar-benarnya. Dengan mempelajari Al qur’an kita menjadi mengerti akan pentingnya memiliki ilmu untuk menjalani kehidupan yang penuh dengan ujian dan godaan. Dalam kehidupan di dunia ini terdapat banyak ujian, godaan yang selalu menghampiri di setiap hela nafas kita. Selalu berpegang taguh kepada Al qur’an merupakan satu-satunya jalan bagi kita untuk selamat dalam kehidupan ini. Dan juga membuat kita lebih bisa untuk mempersiapkan bekal untuk kehidupan yang lebih kekal kelak yaitu kehidupan di akhirat.
E.     Sumber
Silsilah Hadits Shahih Buku I, Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani.