Halaman

murniart.blogspot.com meleyani berbagai kerajinan krey dengan bahan baku bambu, kayu dan rotan Juga melayani karpet dan lain sebagainya segera hubungi murni art shop

PENGORGANISASIAN BELAJAR


A.    Apakah yang hendak diajarkan?
1.      Tujuan pendidikan Islam
2.      Sunber pokok dan kandungannya
3.      Kebudayaan dan ajaran Islam
4.      Sifat-sifat pengajaran Islam
5.      Orientasi strategi perkembangan bahan pengajaran
B.     Apa yang harus diajarkan?
1.      Landasan pendidikan ajaran Islam
2.      Pengorganisasian bahan pengajaran
3.      Fungsi pengajaran agama Islam
4.      Aspek-aspek pengajaran agama Islam
5.      Kriteria pemilihan isi bahan penngajaran
6.      Prinsip-prinsip dasar pengembangan program
7.      Cara-cara pengembangan program
8.      Sumber-sumber bahan dan belajar
C.     Nilai apa yang diajarkan?
1.      Nilai material
2.      Nilai formal
3.      Nilai fungsional
4.      Nilai Esensial
D.    Hasil belajar yang bagaimana yang diharapkan?
Hasil belajar atau bentuk perubahan tingkah laku yang diharapkan itu, meliputi tiga aspek:
1.      Aspek kognitif
2.      Aspek afektif
3.      Aspek psikomotor
E.     Dapatkah hasil belajar itu dievaluasi?
Semua hasil belajar pada dasarnya harus dapat dievaluasi. Pada umumnya kesulitan menilai hasil belajar timbul disebabkan, karena, pertama, perumusan tujuan yang kurang baik, dan kedua, ketidak mampuan mengembangkan alat evakuasi yang tepat mengenai sasarannya.
Tiga aspek hasil belajar:
1.      Strategi penilaian
2.      Alat-alat penilaian
3.      Bentuk-bentuk soal tes tertulis
4.      Penyusunan soal-soal tes
F.      Alat pelajaran yang digunakan?
Alat pelajaran yang biasa juga disebut alat peraga, dewasa ini dikenal dengan istilah media pendidikan. Istilah dalam media pendidikan : pengertian media pendidikan,makna media pendidikan bagi guru, makna media pendidikan bagi siswa, fungsi media pendidikan, bentuk-bemtuk dan jenis media pendidikan, dan batas-batas penggunaan media pendidikan.
G.    Sistem pemeriksaan dan penilaian?
1.      Cara-cara memeriksa dan menilai jawaban tes
2.      Cara-cara mencatat dan menilai sikap keagamaan
3.      Penentuan nilai rapor pengajaran agama Islam
H.    Pengekspresian
1.      Dramatisasi
2.      Karyawisata
3.      Kunjungan pendidikan
4.      Pelayanan masyarakat