Halaman

murniart.blogspot.com meleyani berbagai kerajinan krey dengan bahan baku bambu, kayu dan rotan Juga melayani karpet dan lain sebagainya segera hubungi murni art shop

Prosesor II


Hyper Threading
Merupakan teknologi yang memungkinkan sistem operasi tertentu mendeteksi adanya dua buah processor logis (logical processor) yang beroperasi, meskipun kenyataannya hanya ada sebuah processor. Cara kerja teknologi ini tidak terlalu rumit. Processor akan menjalankan dua aplikasi atau lebih secara bersamaan secara paralel. Dengan demikian akan didapatkan efisiensi dan waktu eksekusi yang lebih singkat jika dibandingkan dengan resources yang sama dengan processor tanpa kemampuan hyper threading.
Syarat yang harus dipenuhi agar fitur hyper threading ini bisa dimanfaatkan sebagi berikut:
-          Processor intel pentium IV 3 3,06 Ghz ke atas
-          Chipset-nya sudah mendukung fasilitas ini
-          Bios yang digunakan harus telah mendukung fasilitas ini
-          Sistem operasi yang digunakan harus windows Xp profesional edition, home edition, linux.

Motherboard
Motherboard juga merupakan bagian terpenting dari komputer. Fungsi motherboard sebagai tempat memasang atau meletekkan berbagai komponen seperti processor, card, memori, kabel IDE, kabel FDD dan BIOS. Pada motherboard terdapat berbagai jalur data (bus), misalnya dari processor ke memori, dari chipset ke konektor hardisk, dan sebagainya. Jalur elektronik yang ada di motherboard sangat banyak dan rapat. Oleh karena itu, saat ini motherboard umumnya dibuat dengan teknologi 4 dan 6 layer. Artinya di dalam motherboard tersebut terdapat 4 atau 6 lapis jalur elektronik yang tersusun dengan rapi, sehingga jalur-jalur yang ada tidak hanya di bagian atas atau bawah saja, tetapi juga ada di antaranya.
Pada saat ini motherboard dengan chip suara yang terintegrasi telah menjadi sesuatu yang umum dan dikenal dengan sound card on board. Beberapa model bahhkan telah mendukung sistem suara dengan 6 kanal, sehingga cukup untuk memanjakan telinga kita dalam menikmati koleksi lagu dan film. Selain chip suara, ada juga beberapa motherboard yang menyediakan fasilitas grafis yang telah terintegrasi atau lebih dikenal dengan istilah VGA on board.
Merek motherboard yang ada di pasaran Indonesia saat ini sangat banyak, di antaranya Intel, Asus, Gigabyte, MSI, dan ECS.

Plot dan soket processor
Slot dan soket processor adalah tempat untuk meletakkan processor. Karakteristik dari soket ini tergantung dari jenis slot atau soket yang dimiliki oleh processor yang kompatibel dgmt terdebut. Pada saat ini, jenis slot sudah tidak digunakan lagi. Slot hanya digunakan oleh AMD generasi celeron, serta sebagian generasi pentium II, sebagian generasi celeron, sertasebagian generasi pentium II awal. Processor- processor modern saat ini sudah meninggalkan tipe slot.
Soket processor pada motherboard sangat mudah ditemukan karena memiliki ciri-ciri yang sangat spesifik, yaitu berbentuk segi empat dan berwarna putih. Berikut ini adalah contoh jenis soket pada motherboard dan processor yang menempatinya.
-          Soket 3 digunakan oleh processor 486.
-          Soket 4, 5, 6 digunakan oleh processor 586 dengan kecepatan 60-133 Mhz.
-          Soket 7 dan super soket digunakan oleh processor 586 kecepatan 75-300 Mhz.
-          Soket PPGA atau soket 370 digunakan oleh processor intel pentium III dan celeron.
-          Soket FC-PGA digunakan oleh processor intel pentium II tualatin dan celeron tualatin.
-          Soket 423 digunakan oleh processor intel pentium IV awal yang memiliki FSB 400Mhz.
-          Soket 478 digunakan oleh processor intel pentium IV generasi sekarang ini.

Sememtara itu, processor AMD Athlon masih menggunakan slot A dan AMD Athlon XP menggunakan soket 462 sebagai berikut:
-          Soket 462 dengan FSB 166 Mhz.
-          Soket 462 dengan FSB 200 Mhz.
-          Soket 462 dengan FSB 256 Mhz.
-          Soket 462 dengan FSB 333 Mhz.

Slot ekspansi
Slot ekspansi merupakan tempat untuk meletakkan segala jenis card, seperti VGA card, modem, MPEG card, sound card, LAN card. Slot ekspansi berbentuk persegi panjang yang terdiri dari 8, 16, 32, 64, 128 bit.
Berikut ini adalah jenis slot ekspansi dan spesifikasinya.
Jenis slot ekspansi
Nama
Bus data (saluran)
8 bit
16 bit
32 bit
32 bit
64-128 bit
128 bit
ISA
EISA
VOLUME-bus
PCI
AGP
AMR
8 saluran
16 saluran
32 saluran
32- 64 saluran
64, 128 dan 256 saluran
128 saluran

Slot ISA
Mempunyai 2 jenis saluran sebagai berikut:
-          Slot 8 bit
Jenis ini dapat kita temukan pada jenis XT yang hanya dapat menstranfer data dengan saluran 8 bit. Slot ini berwarna hitam dan hanya memiliki 1 kanal.
-          Slot 16 bit
Saluran ini mampu mengirim atau mengambil data 16 bit atau sebanyak 12 karakter sekaligus dalam satu waktu. Istilah untuk slot 16 bit ini adalah ISA 16 bit. Slot ini juga berwarna hitam tetapi memiliki 2 kanal.

Slot EISA dan VESA/VL – Bus (video equipment standar association local bus)
Perusahaan motherboard membuat 2 variasi saluran 32 bit. Variasi pertama digunakan slot EISA dan yang kedua adalah slot VESA yang bertujuan mempercepat proses pada frafic adapter, VESA memiliki desain local yang disebut dengan VOLUME-bus. Card 8 bit dan 16 bit dari desain ISA bisa dipasang pada slot EISA, tetapi hanya akan bekerja seperti sistem lama. Slot EISA berwarna hitam-hitam dan memiliki 3 kanal, sedangkan slot VESA/VL-bus berwarna hitam-cokelat dan juga memiliki 3 kanal.

Slot PCI
Slot PCI (pheriperal component interconnect) adalah saluran 32 bit dan 64 bit standar local bus yang mengikat bus ekspansi langsung ke CPU. Dengan demikian, proses kerja komponen yang menemaninya akan lebih cepat karena langsung di akses oleh CPU tanpa melalui komponen lain. Slot PCI berwarna putih dan terdiri dari dua kanal. Biasanya slot ini digunakan untuk VGA Card seri lama, Sound card, modem card, tv card, dan video capture card.

Slot VGA
Merupakan desain baru yang menggunakan saluran 128 bit dan khusus untuk meningkatkan kierja vidoe adapter 3d yang dinamakan AGP. Selain mampu mendukung 3d, kerja AGP dua kali lebih cepat daripada PCI dengan menggunakan jalur khusus data grafis dengan slot tersendiri.
Berikut ini adalah tipe slot vga dan bandwith yang dimilikinya:
Tipe slot agp
Bandwith
AGP 1x
AGP 2x
AGP 4x
AGP 8x
266 MB/s
533 MB/s
1066 MB/s
2133 MB/s

Kecepatan yang dimiliki agp 8x dicapai dengan arsitektur yang baik dan dengan meningkatkan clock dari core dan memori. Pada saat ini, semua AGP menggunakan frekuensi dan lebar data yang sama, yaitu dengan frekuensi sebesar 66 Mhz dan lebar data sebesar 32 bit. Oleh karena itu, perbedaan kecepatan transfer maksimum yang dimiliki terletak pada banyaknya data yang ditransfer untuk setiap cloke-nya.

Slot AMR
Sesuai dengan namanya, slot AMR (audio modem riser) hanya dipakai oleh modem dengan dukungan audio yang bekerja pada bus 128 bit. Slot AMR berwarna cokelat dan berukuran pendek.

Slot CNR
Slot CNR (connection etwork riser) digunakan untuk jaringan (network) yang bekerja pada bus 28 bit. Slot ini berwarna cokelat dan memiliki ukuran yang sedikit lebih panjang dari pada slot AMR.

Slot Memori/RAM
Fungsi dari slot ini adalah untuk meletakkan RAM. Setiap tipe motherboard memiliki jenis slot memori yang berbeda-beda. Slot memori sangat mudah dikenal karena memiliki pin (kaki) yang banyak. RAM merupakan memori eksternal sebagai tempat menyimpan data sementara yang akan diproses oleh processor. RAM yang digunakan pada suatu motherboard tergantung jenis slot RAM yang ada. Jenis slot RAM pada motherboard sebagai berikut:
-          Slot RAM EDO dengan kaki 30 pin (soket simm ram) dan 72 pin (soket dimm ram).
-          Slot SDRAM dengan kaki 168 pin
-          Skot DDR SDRAM dengan kaki 182 pin
-          Slot RDRAM (rambus) dengan kaki128 pin

Front Side Bus Pada Motherboard
Intel telah meluncurkan processor yang memiliki kemampuan hyper threading. Sementara itu AMD meluncurkan processor dengan rating 3000+. Selain menggunakan teknologi baru, processor- processor baru ini juga memiliki clock yang lebih tinggi dari pada processor generasi sebelumnya. Clock yang lebih tinggi bisa diperoleh dengan menaikkan multiplier yang digunakan atau dengan menaikkan FSB yang digunakan.
FSB merupakan labar jalur data yang dikirim dan diterima. Kecepatan satu processor merpakan hasil perkalian antara FSB dan multiplier (suatu pengali yang berfungsi untuk mengalikan FSB yang ada menjadi clock kerja processor). FSB adalah frekuensi yang berasal dari luar processor dan dijadikan dasar dalam menentukan kecepatan suatu processor. FSB akan menentukan besarnya bandwith antara processor dengan northbrige. Meskipun ditentukan oleh chipset, sumber clock tetap berasal dari komponen lain yang bukan bagian dari chipset itu.

Chipset Motherboard
Berguna untunk mengatur atau membagi fungsi-fungsi di dalam motherboard, bisa dikenali dengan membuka labe yang tercantum pada permukaannya. Beberapa jenis chipset memberikan fasilitas VGA on board dan sound board meskipun kinerjanya tidak sebaik VGA dan sound add-on.
Jenis chipset akan memengaruhi beberapa hal :
1.      Tipe processor yang bisa digunakan
2.      Jenis memori yang mendukung sistem PC
3.      Kelengkapan I/O
4.      Tipe display adapter
5.      Lebar data motherboard
6.      Fitur-fitur tambahan seperti LAN dan modem

Sementara itu, chip northbridge berfungsi sebagai pengatur jalur ke processor, slot ram, slot agp dan slop pci, sedangkan ship southbridge berfungsi sebagai control harddisk drive, DMA USB dan nterrupt.