A.
Apakah
yang hendak diajarkan?
1.
Tujuan
pendidikan Islam
2.
Sunber
pokok dan kandungannya
3.
Kebudayaan
dan ajaran Islam
4.
Sifat-sifat
pengajaran Islam
5.
Orientasi
strategi perkembangan bahan pengajaran
B.
Apa
yang harus diajarkan?
1.
Landasan
pendidikan ajaran Islam
2.
Pengorganisasian
bahan pengajaran
3.
Fungsi
pengajaran agama Islam
4.
Aspek-aspek
pengajaran agama Islam
5.
Kriteria
pemilihan isi bahan penngajaran
6.
Prinsip-prinsip
dasar pengembangan program
7.
Cara-cara
pengembangan program
8.
Sumber-sumber
bahan dan belajar
C.
Nilai
apa yang diajarkan?
1.
Nilai
material
2.
Nilai
formal
3.
Nilai
fungsional
4.
Nilai
Esensial
D.
Hasil
belajar yang bagaimana yang diharapkan?
Hasil belajar atau bentuk perubahan tingkah laku yang diharapkan
itu, meliputi tiga aspek:
1.
Aspek
kognitif
2.
Aspek
afektif
3.
Aspek
psikomotor
E.
Dapatkah
hasil belajar itu dievaluasi?
Semua hasil belajar pada dasarnya harus dapat dievaluasi. Pada
umumnya kesulitan menilai hasil belajar timbul disebabkan, karena, pertama,
perumusan tujuan yang kurang baik, dan kedua, ketidak mampuan mengembangkan
alat evakuasi yang tepat mengenai sasarannya.
Tiga aspek hasil belajar:
1.
Strategi
penilaian
2.
Alat-alat
penilaian
3.
Bentuk-bentuk
soal tes tertulis
4.
Penyusunan
soal-soal tes
F.
Alat
pelajaran yang digunakan?
Alat pelajaran yang biasa juga disebut alat peraga, dewasa ini
dikenal dengan istilah media pendidikan. Istilah dalam media pendidikan : pengertian
media pendidikan,makna media pendidikan bagi guru, makna media pendidikan bagi
siswa, fungsi media pendidikan, bentuk-bemtuk dan jenis media pendidikan, dan
batas-batas penggunaan media pendidikan.
G.
Sistem
pemeriksaan dan penilaian?
1.
Cara-cara
memeriksa dan menilai jawaban tes
2.
Cara-cara
mencatat dan menilai sikap keagamaan
3.
Penentuan
nilai rapor pengajaran agama Islam
H.
Pengekspresian
1.
Dramatisasi
2.
Karyawisata
3.
Kunjungan
pendidikan
4.
Pelayanan
masyarakat