A.
INDIVIDUALITAS
Individu adalah manusia orang
seorang yang memiliki pribadi atau jiwa sendiri.
1.
Perbedaan
Umur
2.
Perbedaan
Intelegensi
3.
Perbedaan
kesanggupan dan kecepatan
4.
Usaha
menyesuaikan pelajaran dengan perbedaan individu
a.
Individualized
assignment
b.
Pengajaran
unit atau proyek
c.
Homogeneous
grouping
d.
Remedial
work
e.
Teknik
bertanya
f.
Mengusahakan
pemberian tugas-tugas diluar sekolah
B.
KEBEBASAN
Pada prisipnya kebebasan mengandung tiga aspek yaitu;
“self-direction” , “self-dicipline” dan “ self-control”.
C.
LINGKUNGAN
Usaha-usaha yang dilakukan untuk melaksanakan prinsip lingkungan
dalam pengajaran adalah;
1.
Memberikan
pengetahuan tentang lingkungan anak.
2.
Mengusahan
agar alat yang digunakan berasal dari lingkungan.
3.
Mengadakan
karyawisata
4.
Memberikan
kesempatan kepada anak untuk melaksanakan penyelidikan sesuai dengan
kemampuannya.