Filsafat
pendidikan dewasa ini menempatkan tekanan atas penyesuaian diri bagi seluruh
aspek individu fisik, mental, emosi, dan social. Suatu hal yang penting bahwa
hasil –hasil pendidikan harus dapat memberi refleksi tujuan pendidikan secara
luas. Pada masa –masa belum lama berselang mungkin atau wajar untuk menbatasi
pengajaran di sekolah hanya di tujukan pada penguasaan mata pelajaran- pelajaran
atau kecakapan ketrampilan. Pada hal perhatian seharusnya lebih utama diberikan
kearah pembinaan penyesuaian diri individu dalm banyak interaksi –interaksi,
yang berlangsung terus menerus anatara dia dengan factor –faktor dan kekuatan
–kekuatan dari lingkungannya.
Evaluasi hasil
belajar murid berarti juga meramalkan secara tepat keuntungan baginya yang
diperoleh melalui pendidikan formalnya. Belajar yang sukses tidak dapat
dievaluasi hanya melalui penyelenggaraan tes –tes yang disiapkan oleh guru yang
hampir seluruhnya semata –mata terdiri atas cerita kata demi kata mengenai
bahan –bahan ingatan. Dengan demikian evaluasi atau penilaian mengenai hasil
belajar meliputi:
1. Pengukuran
atau peramalan kemajuan belajar dalam arti persiapan yang teliti dan penyelenggaraan
yang tepat dalam memerankan tehnik –tehnik, dan
2.
Mencatat
sebaik –baiknya dan memberi interpretasi data –data yang dihasilkan.
Evaluasi
kemajuan belajar mencakup studi seluruh aspek perkembangannya, seperti:
perkembangan fisik, ebilitas mental umum dan bakat khusus, minat dan sikap,
keadaan emisional, penyesuaian social, latar belakang atau kondisi –kondisi
lingkungan, dan hasil pelajaran di sekolah.
Dalam hal ini
memperingatkan : Patut diperhatikan bahwa pengukuran selalu berarti untuk suatu
tujuan, dan bukan tujuan itu sendiri. Suatu pengukuran hanyalah sejumlah
gambaran data yang diamati. Implikasi –implikasi pendidikan yang berarti dalam
pengukuran itu tidak semata –mata lalu memberikan bukti dengan sendirinya
secara otomatis. Sebagai suatu aturan, arti yang sebenarnya dari pengukuran itu
dapat ditetapkan hanya apabila dilihat dalam hubnya dengan factor –faktor
relevan lainnya, dan disesuaikan dengan keseluruhan pola situasi. Hal yang
harus diketahui bahwa tendensi –tendensi pendidikan akhir –akhir ini telah
diperluas skupnya dan ditambah kompleksitasnya, dan oleh karena itu telah
menambah berat beban kesukaran pengajaran dan penyelenggaraannya.