Nama Sekolah :
MADRASAH IBTIDAIYAH
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlak
Kelas/Semester :
I/I
Standar Kompetensi :
Mengenal rukun iman yang enam
Kompetensi dasar :
Mengenal Allah melalui pengenalan terhadap rukun Iman
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit pertemuan
A.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah selesai mengikuti pembelajaran “Rukun Iman”, siswa
dapat menghafal enam rukun iman, menyatakan beriman kepada Allah, malikat,
kitab, rasul, hari akhir, dan takdir melalui lagu/nyanyian.
B.
MATERI
PEMBELAJARAN
@ Rukun Iman
C.
METODE
PEMBELAJARAN
Ceramah,
Demonstrasi, Penugasan.
D.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan Awal :
-
Bertanya
kepada siswa tentang rukun iman.
-
Mengarahkan
siswa agar menyimak penjelasan tentang rukun iman.
b. Kegiatan
Inti :
-
Siswa
menghafal enam rukun iman.
-
Siswa
menyatakan perasaan beriman kepada Allah, malaikat, kitab,
rasul, hari akhir, dan
takdir melalui lagu/nyanyian.
c.
Kegiatan Akhir :
-
Memberikan
tugas supaya mencari informasi sekitar rukun iman, dari
buku atau majalah.
-
Memberikan
tugas agar membiasakan diri untuk mengimani seluruh
rukun iman.
E.
INDIKATOR
@ Menghafal enam rukun iman
@ Menyatakan perasaan beriman kepada Allah,
malaikat, kitab, rasul, hari
akhir, dan takdir melalui lagu/nyanyian
F.
ALAT/SUMBER
BELAJAR
1
Buku Mata
Pelajaran Aqidah Akhlak jilid I untuk Madrasah Ibtidaiyah, “Menara Kudus” Kudus
1
Ensiklopedi
Islam untuk Pelajar
G.
PENILAIAN
a.
Teknik : Tes tertulis, Tugas-tugas.
b.
Bentuk
Instrumen : Uraian
c.
Contoh
Instrumen :
Tes
tulis
1.
Hafalkan 10
malaikat Allah !
2.
Hafalkan Nabi
dan Rosul Allah yang 25 !
3.
Sebutkan 6
rukun iman !
4.
Apa arti
Kiamat !
5.
Apa arti
Qadha dan Qadar !
6.
Sebutkan 4
sifat rasul
Pedoman Penilaian
Sistem penskoran Tes
tulis : 100
Jumlah soal 6 nomor =
Jumlah yang benar dibagi jumlah Soal x 100 (
x 100=6.66)
Bobot nilai setiap
soal = 1
Sistem penskoran
penugasan
Mendapatkan informasi
dari orang lain, dari buku atau dari majalah sekitar : Rukun Iman.
Dari majalah = 7,00
Hasil baca buku = 7,50